Professional With an Attitude
Isi kantong sangat penting tapi isi hati dan isi otak lebih penting

Keamanan Jaringan Nirkabel

Saya sering dipusingkan dengan keamaan jaringan nirkabel dikantor, karena kantor saya kebetulan banyak orang awam tentang ICT maka jika terjadi sedikit masalah dengan komputer dan peralatan ICT maka yang menjadi sasaran adalah teknisi. Namun jika teknisi sedang tidak ada di tempat maka siapapun akan menjadi sasaran permintaan tolong ermasuk saya he he he…, menolong sih baik sekali tapi,.. jika kita sendiri sibuk sekali dengan hal sangat penting maka kita akan jengkel juga nah untuk itu kita harus bijak menggunakan sistem yang ada pada jaringan kita, berikut sedikit pengetahuan tentang keamanan jaringan.

Wireless network atau jaringan nirkabel telah memberikan keringanan dari satu kerepotan yang diakibatkan oleh kabel-kabel yang ada. Jaringan nirkabel sering juga digunakan untuk mengakses internet, dan rentan terhadap ancaman keamanan. Pengamanan terhadap jaringan nirkabel seringkali kurang menjadi perhatian serius bagi pengguna sedangkan hal ini sangat penting untuk mencegah orang-orang yang tidak berhak masuk dan memakai jaringan tersebut untuk mengunduh banyak hal. Berikut dasar-dasar tentang cara untuk mengamanakan jaringan nirkabel.

SSID

SSID (Service Set Identifier) adalah nama yang diberikan pada jaringan tertentu. Hal ini diperlukan untuk semua perangkat pada jaringan nirkabel dianjurkan untuk menggunakan SSID yang sama. SSID dari jaringan nirkabel dapat diatur secara manual, atau dapat dihasilkan secara otomatis.

Alasan sebaiknya mengatur SSID secara manual begitu penting yaitu untuk memecahkan sesuatu yang sulit. Router dan perangkat akses umumnya memberikan metodologi untuk mengubah SSID pada saat akses jaringan. Untuk mengubah SSID langkah pertama yang dilakukan adalah log in ke router melalui web browser, kemudian masukan nama pengguna dan password, bila perlu disetel secara default. Setelah akses berhasil maka konfigurasi router jendela akan terbuka. SSID harus dimasukan di sini, dan saluran nirkabel harus dipilih. Untuk mengamankan jaringan nirkabel jangan lupa untuk menonaktifkan broadcast SSID nirkabel sebelum mengklik perubahan.

WEP & WPA Encryptions

Enkripsi merupakan aspek penting dari keamanan jaringan dan membantu melindungi data pengguna. Hampir semua peralatan nirkabel yang dilengkapi dengan WEP (wired equivalent privacy) dan WPA (Wi-Fi Protected Access) berskema enkripsi. Skema enkripsiini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan, tergantung pada kebutuhan. WEP adalah skema yang termasuk pada peralatan jaringan nirkabel. Namun sayangnya masih memiliki beberapa kelemahan serius yang menyebabkan pengembangan dari WPA itu sendiri. WPA menyediakan enkripsi data nirkabel yang lebih kuat dibandingkan dengan WEP tetapi membutuhkan konfigurasi semua perangkat agar dapat berfungsi.

Setelah mengaktifkan enkripsi pada routernya, kita harus mengkonfigurasi perangkat jaringan nirkabel lainnya. WPA memberikan keamanan yang lebih baik terhadap para snooper dan hacker. Untuk konfigurasi WEP/WPA pengguna harus log on ke router dan mengaktifkan tab wireless/wireless security. Pengguna dapat membuat pilihan antara WEP atau WPA enkripsi. Pengguna juga dapat memilih antara 64 atau 128 bit enkripsinya. Setelah itu kunci enkripsi dari WEP/WPA harus didapatkan sebelum mengklik perubahan.

Setelah konfigurasi WEP/WPA dan SSID, langkah terakhir adalah memberikan batasan akses pengguna dalam jaringan nirkabel. Untuk ini dapat dilakukan dengan memasukkan alamat MAC dari komputer nirkabel dan pilih “restrict access” selama konfigurasi router. Alamat MAC dari sebuah komputer dapat dilihat dengan mengetik “ipconfig/all”, dalam command prompt.

Langkah-langkah yang disebutkan di atas adalah cara yang sederhana untuk mengamankan jaringan nirkabel. Setelah mengkonfigurasi router pengguna harus mencabutnya dari komputer nirkabel kemudian menginstal software nirkabel dan adapter pada komputer nirkabel. Key enkripsi WEP/WPA harus disimpan dalam catatan yang aman. Setiap kali diminta maka masukan key tersebut.

Nah bagi para teknisi sebaiknya anda pilih metode yang nyaman bagi anda dan nyaman bagi pengguna, andalah yang tahu cara itu adalah anda sendiri. Good Luck.

Belum Ada Tanggapan to “Keamanan Jaringan Nirkabel”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: