Professional With an Attitude
Isi kantong sangat penting tapi isi hati dan isi otak lebih penting

HOT SPOT GADUNGAN

Ada beberapa teman yang mengeluhkan karena emailnya dan Facebooknya dibobol seseorang, hal ini cukup membuat resah dan tidak nyaman, apakah murni kelalaian pemilik yang lupa logout saat dikomputer umum di kantor? . kalau kita bahas metode kejahatan komputer ini menarik dan banyak ragamnya, dari sisi manakah seseorang bisa membobol akun email atau facebook? bagi para hacker hal ini pekerjaan yang sangat mudah. biasanya dengan mencuri pasword, lalu bagimana cara mencurinya? wah ini tidak bisa kita bahas disini, karena saya sendiri tidak tahu caranya. selebihnya tidak etis membahas sebuah cara kejahatan secara terbuka, walaupun secara tertutupun yang namanya berbicara tentang kejahatan tidaklah baik. Mari kita gunakan ilmu kita di jalan yang benar dan positif.

Salah satu tindakan jahat adalah para pencipta hotspot gadungan untuk menagkap mangsa. Kejahatan pencurian password kini kian canggih dan biasa memanfaatkan kelalaian pengguna. Terbaru, hal ini dilakukan melalui hotspot.
Makin maraknya hotspot membuat pengguna jahat ‘berlagak’ menjadi suatu hotspot resmi. “Padahal hotspot itu gadungan,” ungkap pengamat TI Abimanyu Wachjoewidajat. Tujuannya, penjahat ingin ‘menangkap’ password orang melalui Access Point, lanjutnya.

Kejahatan hotspot gadungan ini kelak bisa meresahkan karena tindak kejahatan ini bisa dilakukan cukup dengan sekali memasang alat di tempat umum. Kemudian, dalam satu jam, puluhan orang bisa terperangkap.
Efek terburuk yang terjadi, selain hilangnya kepercayaan publik pada ‘hotspot yang benar,’ nama institusi terkait akan tercemar sebagai pencuri data. Untuk itu, berhati-hatilah ketika hendak memakai hotspot umum, peringatnya.

“Jangan mudah percaya pada hotspot yang memberi akses FREE,” tandasnya. Untuk itu, terdapat tools khusus untuk memindai hotspot gadungan tersebut yang terbukti sangat efektif mendeteksi hotspot gadungan.
Tools gratis ini sebaiknya digunakan mereka yang memakai perangkat bersistem operasi (OS) Android. Wifi Analyzer yang tersedia di Android Market ini bisa dimanfaatkan pihak berwajib mengejar hotspot palsu.

Nah mari kita berhati hati dengan perangkat IT kita jangan sampai ATM kita kebobolan juga gara-gara kita teledor.

Belum Ada Tanggapan to “HOT SPOT GADUNGAN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: